Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 04 April 2011

TATA KOORDINAT

1. Koordinat Pada Permukaan Bumi

Busur lintang dan bujur
Koordinat pada permukaan bumi dinyatakan sebagai koordinat geografi yaitu besarnya sudut busur yang diukur dari pusat bumi.

Busur lingkaran-lingkaran yang digambar memotong ekuator dari kutub ke kutub disebut meredian. Menurut kesepakatan internasional, meredian 0 atau meredian utama (prime meredian) ialah meredian yang melalui Royal Observatory Greenwich, London.

Jarak lengkung di sebelah utara dan selatan ekuator yang diukur sepanjang suatu meredian disebut lintang (latitude). Busur 90 derajat antara ekuator dan kedua kutub ditandai dengan lingkaran-lingkaran yang sejajar dengan ekuator dan masing-masing sama jaraknya dan lingkaran itu semakin kecil ke arah kutub, dan disebut garis-garis paralel. Garis-garis meredian dan paralel itu merupakan sistem grid yang dipakai untuk menentukan posisi tempat (titik) di permukaan bumi.


Berawal dari meredian utama (Greenwich) ke arah timur sampai 180º dinamai bujur timur (BT). Dari meredian utama (Greenwich) ke arah barat sampai 180º disebut bujur barat (BB),

Sehubungan dengan penggambaran peta, permukaan bumi dibedakan menjadi:

a.  Bidang Permukaan Fisik Bumi

Ialah suatu bidang seperti kita lihat sehari-hari dengan bentuk yang tidak beraturan, ada gunung, lembah, dan dataran.

b. Bidang Geoide

Ialah suatu bidang equipotensial dari gravitasi dengan bentuk tidak berarturan.

c. Bidang Ellipsoid (bidang Spheroid)

Ialah suatu bidang geometrik yang beraturan dan mirip bentuknya dengan bidang  geoide. Bidang ini dipilih sebagai bidang hitung yang merupakan bidang perantara untuk memindahkan lengkungan bola bumi ke bidang  peta dan biasanya disebut sebagai bidang referensi/acuan.

Bidang datum

2. Koordinat  Peta


Koordinat peta


Pembagian zona pada proyeksi UTM
Pembacaan koordinat pada proyeksi UTM

(Oleh: Drs. Rudi Hartono, M.Si, KARTOGRAFI DASAR)

0 komentar:

Posting Komentar