Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 12 April 2011

Gawat, Lima Reaktor Nuklir AS Berada di Wilayah Rentan Terhadap Gempa

Setidaknya lima reaktor nuklir di Amerika Serikat terletak di zona rawan gempa yang dapat memicu krisis yang sama dengan yang melanda reaktor nuklir Fukushima di Jepang.
Menurut pemetaan dan data geografis perusahaan ESRI Inc, reaktor nuklir AS yang berisiko adalah Diablo Canyon Power Plant dan San Onofre Nuclear Generating Station di California, Texas Selatan dekat Proyek Gulf Coast, Waterford Steam Electric Station di Louisiana, dan Brunswick Steam Electric Plant di North Carolina, USA Today melaporkan.

Sejak bencana nuklir Fukushima di Jepang bulan Maret lalu, Presiden AS Barack Obama telah memerintahkan mengevaluasi resiko gempa bumi terhadap pembangkit nuklir negara itu, kata Victor Dricks, juru bicara pemerintah Komisi Pengaturan Nuklir.


Dia menambahkan AS telah mengambil langkah-langkah untuk menjamin keamanan pabrik nuklir mereka.

San Onofre Nuclear Generating Station di California, misalnya, dibangun dengan toleransi gempa yang tinggi sampai dengan 7,0 SR.

Selain itu, pembangkit dibangun 30 meter di atas permukaan laut dan memiliki dinding beton bertulang yaitu 30 kaki tinggi dan bisa menahan tsunami setinggi 27-kaki.

Peta ESRI online adalah yang pertama dari jenisnya yang bertujuan untuk membantu masyarakat di Amerika menentukan risiko gempa bumi potensial telah menjelaskan tentang potensi bahaya itu. Orang-orang bisa memantau lokasi mereka dan menemukan lima pabrik nuklir terdekat dengan tempat tinggal mereka.

"Kami menemukan bahwa kami berada di puncak zona evakuasi San Onofre Nuclear Generating Station, di ujung pantai di sisi kanan laut sekitar daerah kami ada tiga gempa bumi. Kami di daerah yang sangat padat. Kami merasa dapat merasakan tremor setiap minggu, " kata analis Bronwyn Agrios ESRI.

Ada lebih dari 100 reaktor nuklir yang beroperasi di Amerika Serikat dan 23 di antaranya adalah reaktor Mark-1 yang sama dengan yang ada di Jepang.[eramuslim.com, 13/04/2011]

1 komentar:

Indri Rohani mengatakan...

wah lumayan ni...
thx ya atas infox!

Posting Komentar