Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 20 Agustus 2011

Tips Cepat Menyelesaikan Thesis atau Disertasi

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa banyak mahasiswa, bukan hanya mahasiswa S1  yang agak susah keluar dari perguruan tinggi gara-gara belum menyelesaikan skripsi. Ternyata mahasiswa S2 dan S3 juga berjibun untuk bisa segera menyelesaikan tugas akhir tersebut. Bukan karena masalah keuangan atau masalah dosen yang sulit ditemui, tetapi 1 hal yang sudah pasti yaitu MALAS.........SSSSSssssssss...........





Serasa sudah selesai kuliah karena mata kuliah sudah diselesaikan, maka tugas akhir menjadi sesuatu yang bisa ditahan-tahan. Untuk teori, biasanya mahasiswa bisa menyelesaikan dalam waktu 1 tahun, setelah itu tugas mahasiswa hanya menyelesaikan tugas akhir yaitu menulis thesis atau disertasi. Bahkan, jika memang mahasiswanya rajin, S2 atau S3 sebenarnya bahkan bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat 1,5 atau 2,5 tahun bagi jenjang S3 ( ini promosi agar tidak takut untuk mengambil pendidikan S2 atau S3).

Tetapi apa daya, lulus  semua mata kuliah serasa sudah diwisuda. Malas ke kampus karena biasanya banyak proyek yang harus dikerjakan atau menjadi pembicara berbagai seminar atau tidak mengerjakan apapun. Ada tips yang bisa dilakukan bagi mahasiswa - mahasiswa S2 dan S3 yang ingin cepat menyelesaikan kuliah dan benar-benar diwisuda. Sederhana tips ini yaitu bertemu dengan teman kuliah dan membuat jadwal yang disepakati untuk saling diskusi dan memotivasi agar cepat menyelesaikan tulisan thesis atau disertasinya. Misalnya 1 X seminggu. Dengan waktu 3 atau 4 jam dan konsentrasi dengan tugas menulis kita.


Energi baru akan tumbuh seiring dengan semangat yang saling ditularkan masing-masing mahasiswa. Dan yang pasti kita harus ingat bahwa dengan kuliah S2 atau S3 adalah dengan niat untuk memperbaiki nasib. Sudah kita tinggalkan keluarga kita untuk memperjuangkan kondisi yang lebih baik, dengan dana yang tidak sedikit pula dan juga yang pasti dengan pikiran yang banyak tercurah ke jenjang pendidikan tersebut.

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat kamu gunakan untuk menyiasati thesis atau disertasi agar cepat selesai:

Buat timetable. Tulis dengan jelas apa yang akan kamu lakukan dan batas waktunya. Adanya jadwal yang teratur dapat membantu memantau perkembangan thesis atau disertasimu.

Pilih dosen pembimbing yang benar dan tepat. Tanpa kamu sadari, dosen pembimbing turut menjadi penentu dalam penyelesaian penulisan thesis atau disertasimu. Memilih dosen pembimbing yang killer mungkin akan membuat thesismu selesai lebih lama, namun kamu tidak perlu khawatir karena dosen tersebut tidak akan menjatuhkanmu saat sidang.

Motivasi diri sendiri. Rasa malas memang musuh utama dalam pembuatan thesis atau disertasimu. Kamu harus mampu mengalahkan rasa malas tersebut guna menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Pemilihan topik. Semakin umum topik yang kamu pilih, akan semakin banyak referensi mengenai topik tersebut. Namun, pemilihan topik yang terlalu umum dan sering digunakan dapat menjadi bumerang bagimu sendiri karena dosen pembimbing akan menuntut agar thesis atau disertasimu berbeda dengan yang sudah ada.

Ajak teman. Jika kamu adalah seseorang yang mengalami kesulitan untuk memulai, ajaklah temanmu untuk mengerjakan thesis atau disertasimu bersama-sama. Dengan mengajak teman, kamu mendapat keuntungan untuk selalu diingatkan agar menyelesaikan thesis atau disertasimu.

Jauhkan gangguan selama proses skripsi. Main games atau ajakan teman untuk bersenang-senang menjadi godaan dalam mengerjakan thesis atau disertasimu. Konsenterasimu akan terbagi sehingga thesis atau disertasimu menjadi terbengkalai.

Sediakan waktu untuk bersantai. Sebulan penuh berkutat dengan thesis atau disertasi bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. Manjakan diri dengan beristirahat sejenak bahkan berekreasi, siapa tahu akan menimbulkan inspirasi untuk melanjutkan thesis atau disertasimu.

Jadi apalagi yang ditunggu? Ayo kita selesaikan kuliah kita dengan sempurna dengan menyelesaikan tugas akhir kita, menulis thesis/disertasi kita.
Semangat, Semangat, Semangat!
Allohu Akbar...!!!

***saat merakit tulisan ini saya masih sedang dalam kondisi down untuk menyelesaikan thesis saya. tulisan ini saya rakit sekaligus sebagai motivasi diri saya...^^

0 komentar:

Poskan Komentar